Cara Membuat Makalah dengan baik

Hallo my readers
Ini adalah postingan pertama di blog ini.
Sebelum saya masuk ke inti dari topik yang akan dibahas, saya ingin melakukan sedikit intro.
sesuai dengan nama blog ini yaitu 'Kumpulan Makalah' maka yang akan saya posting di sini sudah pasti makalah-makalah yang banyak dicari nih.
Sebagai awal, saya ingin mengajarkan kepada para readers tentang bagaimana sih cara membuat makalah yang baik dan benar.

Sebagai info tambahan, kalian dapat me-request makalah apa yang ingin diposting di blog ini. Makalah yang kalian request, paling cepat akan saya posting dalam jangka waktu 3 hari(tidak menutup kemungkinan lebih cepat dari itu). Tapi tunggu dulu, yang saya balas komentarnya saja yang akan saya posting makalah yang direquest.
Jadi, jangan lupa tinggalkan komentar jika ingin me-request makalah.



……….
Back to the topic!

Banyak sekali yang ngomong ke saya
"kak, buat makalah tuh gimana sih?"
"kak, tugas makalahku dapat nilai jelek padahal isi makalahku gak jauh beda sama temanku yang  bagus nilainya, gimana ya?"
"kak, tugas kuliahku banyak disuruh buat makalah, tapi aku gak tahu"

okay, intinya sama aja ya dari semua kalimat-kalimat itu
intinya, bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar.


Untuk dapat membuat makalah yang baik dan benar, kita terlebih dahulu mengerti tentang apa itu makalah dan sistematikanya.

Berdasarkan sumber (Artikelmateri.com) pengertian makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan obejektif. 
Dari pengertianya, kalimat yang paling penting disini menurut saya adalah "ditulis secara sistematis" karena berdasarkan pengalaman saya dalam membuat makalah sebagai tugas kuliah, saya mendapat nilai lebih baik dibandingkan teman-teman saya padahal isi dari makalah kami tidak jauh berbeda. Hal tersebut disebabkan saya menulis makalah saya secara sistematis dan itu yang tidak dilakukan oleh teman-teman saya.
Selain secara sistematis, isi dari makalahpun harus sesuai untuk setiap kerangka/struktur/sistematika penulisan  makalah.

Secara umum, sistematika penulisan makalah yang baik sebagai berikut:
  1. Cover/Sampul Makalah
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. BAB I Pendahuluan
  5. BAB II Pembahasan
  6. BAB III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran (optional/tambahan)
Diatas merupakan sistematika penulisan makalah secara umum. Saya akan menjelaskan satu per satu agar lebih mudah dimengerti dan untuk contoh tidak akan saya cantumkan karena contoh makalah akan saya posting (soon).

1. Cover/Sampul Makalah

Untuk bagian yang paling pertama ini berisi judul makalah, logo instansi(universitas/sekolah), data penulis (nama, NIM/NIS, dll) , dan untuk mahasiswa tambahkan jurusan, fakultas, universitas, kota, dan tahun pada bagian ini sedangkan untuk pelajar/siswa cukup cantumkan nama sekolah, kota, dan tahun.

2. Kata Pengantar
Sejujurnya, bagian ini yang malas sekali saya buat jadi untuk setiap tugas makalah yang diberikan kepada saya rata-rata kata pengantarnya sama karena saya hanya meng-copy-paste yang sudah saya buat di makalah sebelumnya dan hanya saya ganti beberapa kata saja.
Bagian ini berisi ucapan syukur kepada Tuhan YME, gambaran sedikit tentang makalah, ucapan terima kasih, dan biasanya di bagian akhir ada tambahan berupa harapan saran dan kritik dari penulis. Serta jangan lupa cantumkan tempat, tanggal, dan tertanda penulis di bagian paling bawah yang biasanya ditaruh sebelah kanan bawah.

3. Daftar Isi
Bagian yang mudah untuk dibuat. Pada bagian ini berisi poin-poin yang ada dalam makalah mulai dari cover hingga lampiran (jika ada). Pada bagian ini disertakan juga dengan nomor halaman dari setiap poin-poin.

4. BAB I Pendahuluan
Bagian ini memiliki beberapa poin-poin sendiri yang menjadi isinya. Isi dari bagian ini yaitu :
  • Latar Belakang, merupakan dasar atau titik tolak yang memberikan pengertian atau pemahaman kepada pembaca tentang masalah/topik yang diangkat dalam makalah tersebut. Latar belakang menjadi penjelasan atas mengapa masalah tersebut bisa terjadi. Latar belakang juga harus dituliskan secara sistematis. Biasanya penulisan latar belakang memakai kaidah segitiga artinya pembahasan dimulai secara umum setelah itu khusus.
  • Rumusan Masalah, berisi rumusan yang akan dibahas dalam makalah. Isinya berupa pertanyaan-pertanyaan yang timbul/ yang melatarbelakangi makalah yang dibuat.
  • Tujuan Penulisan, berisi maksud dan tujuan penulisan serta tujuannya menjawab rumusan masalah yang dibuat. Sebagai contoh, rumusan masalahnya 'bagaimana sistematika penulisan makalah?' maka tujuan penulisannya yaitu 'untuk mengetahui tentang sistematika penulisan'
5.BAB II Pembahasan
Bagian ini berisi pembahasan secara detail untuk setiap permasalahan yang diangkat dan dituangkan pada BAB I. Isinya harus berdasarkan fakta dan dari sumber/literature yang terpercaya.
setidaknya dalam pembuatan makalah harus dari 5 literature dan dituangkan secara jelas, ringkas, dan menjawab semua permasalah yang mendasari pembuatan makalah.

6.BAB III Penutup
Bagian ini berisi kesimpulan dan saran sebagai optional. Kesimpulan yang dibuat haruslah dapat menjawab tujuan penulisan makalah tersebut. Sebagai contoh, tujuan penulisan yaitu 'untuk mengetahui tentang sistematika penulisan makalah' maka pada bagian kesimpulan dituliskan sistematika penulisan makalah secara poin-poin. Dan untuk bagian saran hanya berupa optional, jika tidak dicantumkan juga tidak menjadi masalah. 

7. Daftar Pustaka
Bagian ini berisi daftar referensi yang menjadi acuan dalam pembuatan makalah. Dalam pembuatan makalan sendiri setidaknya dari 5 referensi yang berbeda. Maka dari itu, bagian ini setidaknya memiliki 5 daftar referensi. Untuk kaidah penulisannya dapat dilihat pada artikel-artikel tentang cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar.

8. Lampiran
Bagian ini hanya sebagai optional saja, jadi jika tidak ada maka tidak menjadi masalah. Bagian ini malampirkan data-data yang mendukung makalah yang dibuat.


Sekian dari saya tentang cara membuat makalah yang baik dan benar. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi pada kolom komentar.
Kalian juga bisa me-request makalah apa yang akan saya posting pada postingan selanjutnya.

Terima kasih dan semoga membantu.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH STATISTIKA - STATISTIKA NON PARAMETRIK